Sunday, March 13, 2016

MPPL - Kerangka Acuan Kerja (KAK)

TUGAS MPPL

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjl-IbOGC2jNfmuSual7ABBirj8ryiEh4byVY_QGaJG05ULPIQmPGyWVghCIGsTTka7gBtrANsDQvgwhyU7WfTl36DpqHBMv6yzctf_eSf398eUwXgDxfDr5ujWuwBeBaqvacJCYVpvhM/s1600/Logo+ITS.png
KERANGKA ACUAN KERJA


Sistem Informasi Perusahaan PT. YONOTE


Oleh:
Kelas F
Daniel Fablius (5113100109)
I G N Adi Wicaksana (5113100110)


Dosen


Fajar Baskoro, S.Kom., M.T.


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
2016
  1. 1.      LATAR BELAKANG
    Pada jaman sekarang, sistem informasi sangat penting dalam melakukan manajemen di bidang apapun. PT. Yonote adalah sebuah perusahaan yang bergerah dalam pemesanan notebook dan

    2.      MAKSUD DAN TUJUAN
    1)      Mewujudkan alur informasi yang aman dan rahasia
    2)      Menciptakan aplikasi handal untuk menunjang kebutuhan penyampaian informasi antar sebuah organisasi yang aman dan rahasia
    3)      Menciptakan fitur perawatan terhadap alur informasi yang mengalir supaya tetap aman dan berada di dalam lingkup sebuah perusahaan

    3.      SASARAN
    Terwujudnya aplikasi chatting pada jaringan lokal yang aman dan rahasia serta diminati oleh para perusahaan swasta yang membutuhkan keamanan informasi bisnis.

    4.      NAMA DAN ORGANISASI PENGGUNA JASA
    PT. Yonote

    5.      SUMBER PENDANAAN
    Anggaran pendapatan dan belanja mandiri, dengan biaya sekitar Rp.75.000.000 (tujuh puluh lima juta rupiah) termasuk pajak-pajak yang membebaninya.

    6.      LINGKUP, LOKASI KEGIATAN, DATA DAN FASILITAS PENUNJANG SERTA ALIH PENGETAHUAN
    a)      Lingkup kegiatan:
    a.       Pengembangan modul-modul utama pada aplikasi sebagai berikut:
                                                                                           i.      Mendaftar yang merupakan suatu modul untuk menangani pendaftaran pengguna baru
                                                                                         ii.      Masuk yang merupakan suatu modul untuk log in atau masuk kedalam layanan chatting
                                                                                        iii.      Chat yang merupakan suatu modul yang menampilkan tampilan antarmuka sedemikian rupa agar dapat digunakan untuk chatting
                                                                                       iv.      Pantau yang merupakan suatu modul khusus untuk admin yang berfungsi untuk memantau kerja aplikasi serta kegiatan para penggunanya demi menjaga kenyamanan
    b.      Membuat dokumentasi yang lengkap (kertas dan elektronik) untuk aplikasi PT. Yonote yang dibangun meliputi:
                                                                                           i.      User Requirement
                                                                                         ii.      User Interface
                                                                                        iii.      Testing (Case Test, Unit Test, Acceptance Test)
                                                                                       iv.      Security Level
                                                                                         v.      Form Input/ Output
                                                                                       vi.      Source Code yang dapat dipahami dengan mudah oleh pengguna jasa
                                                                                      vii.      User Manual
    c.       Pengadaan Server (hardware)
    b)      Lokasi kegiatan
    Kegiatan akan dilakukan di kantor PT. Yonote

    c)       Data dan fasilitas penunjang
    a.       Penyediaan oleh pengguna jasa
    Data dan fasilitas yang perlu disediakan oleh pengguna jasa:
                                                                                           i.      Laporan dan Data
    1.      Data permohonan aplikasi Sistem Informasi PT. Yonote
    2.      Formulir yang terkait dengan administrasi permohonan Sistem Informasi PT. Yonote
    3.      Data permohonan aplikasi Sistem Informasi PT. Yonote dalam bentuk elektronik
                                                                                         ii.      Akomodasi ruang dan kantor
    Sebuah ruang untuk menaruh server dan terdapat koneksi internet (dapat berupa hotspot maupun kabel internet)
                                                                                        iii.      Staf admin
    5 orang admin yang bertugas untuk memantau kegiatan penggunaan aplikasi Sistem Informasi PT. Yonote
    d)      Alih pengetahuan
    Penyedia jasa harus mengadakan pelatihan, semacam kursus singkat diskusi, dan seminar terkait dengan tata cara penggunaan aplikasi serta cara kerja dari seorang admin dan bagaimana sebuah admin dapat mengawasi kegiatan jalannya aplikasi

    7.      METODOLOGI
    Metodologi dan Pendekatan yang dipergunakan dalam pembuatan Sistem Informasi PT. Yonote adalah dengan memperhatikan kebutuhan dan kesesuaian dengan kondisi real pada PT. Yonote. Dalam kasus penggunaannya nanti, maka akan diadakan penyesuaian terkati fitur apa yang harus ditambahkan atau dikurangi dengan proses Better / Best Practice dari organisasi sejenis atau yang relevan.

    8.      JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
    Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini adalah kurang lebih selama 90 (sembilan puluh) hari kalender dan harus dilaksanakan proses user acceptance test dengan waktu pelaksanaan minimal 5 (lima) hari kerja dari tanggal serah terima pekerjaan.

    9.      KUALIFIKASI
    Kualifikasi yang harus disediakan oleh penyedia jasa adalah:
    a)      Bersedia menandatangani Perjanjian Kerahasiaan Data dan Informasi sesuai dengan kebijakan Sistem Manajemen Kemananan Informasi pihak PT. Yonote. Untuk kasus perusahaan swasta lain, maka perjanjian juga disesuaikan dengan perusahaan tersebut.
    b)      Memiliki latar belakang dan pengalaman yang luas dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi dengan skala besar, terintegrasi dan mengintegrasikan aplikasi
    c)       Pernah menjadi Penyedia Jasa dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi untuk lima organisasi berbeda.
    d)      Memiliki pemikiran inovatif dan konstruktif dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi.
    e)      Memiliki kemampuan untuk menangani masalah dengan cepat dan tepat.
    f)       Memiliki production house / workshop dan tenaga-tenaga ahli yang permanen.
    g)      Memiliki metode yang baik dalam memberikan pelayanan kepada Pengguna.
    h)      Sanggup untuk memberikan garansi atas berfungsinya barang /jasa secara sempurna selama satu tahun sejak serah terima.
    i)        Memiliki komitmen yang kuat untuk mau bekerjasama dengan Panitia Pengadaan dan Tim Teknis
    j)        Memiliki komitmen untuk mengamankan data dan informasi yang berkaitan dengan aplikasi
    k)      Memiliki komitmen dan disiplin terhadap tanggung jawab dan jadwal pekerjaan.

    10.  TENAGA AHLI
    Tenaga ahli yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan ini adalah :
    a)      Ketua tim (Project Manager)
    Ketua tim disarankan seorang saja, minimal Sarjana Teknik Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi yang terakreditasi A atau setingkat, berpengalaman dalam pelaksanaan pekerjaan di bidang project management pengembangan aplikasi sekurang-kurangnya 5 (lima)tahun. Sebagai ketua tim, tugas utamanya adalah memimpon dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa projek sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai,
    Jumlah yang harus disediakan adalah 1 (satu) orang.
    b)      Sistem Analis
    Sistem analis yang disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak komputer berbasis web dan data base sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun. Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang.
    c)       Programmer/ Developer
    Programmer/Developer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun.
    Jumlah yang harus disediakan minimal 3 (tiga) orang.
    d)      Quality Assurance
    Quality Assurance yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.
    Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang
    e)      Trainers
    Trainers yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.
    Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang.


    11.  KELUARAN
    Keluaran yang dihasilkan dari pelaksaan pekerjaan ini adalah
    a)      Perangkat lunak Sistem Informasi PT. Yonote yang dapat dioperasionalkan dan digunakan untuk penyediaan fitur chatting antar sesama pekerja bagian pada sebuah perusahaan sehingga dapat meningkatkan kecepatan penanganan, efisiensi, dan menghasilkan output yang lebih baik dan berkualitas.
    b)      Dokumentasi yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi, antara lain dan tidak terbatas pada requirement, desain sistem, konfigurasi sistem dan arsitektur program.
    c)       Program dengan source code.
    d)      Dokumentasi seluruh sistem dan perangkat lunak berupa technical manual
    e)      Dokumetnasi SOP (System Operating Procedure) maupun SMP (System Maintenance Procedure)
    f)       Instalasi aplikasi
    g)      Pelatihan, pendampingan/ asistensi, garansi dan pemeliharaan
    Media untuk dokumentasi pada proyek ini dibuat dalam format softcopy dan hardcopy. Format yang digunakan dalam dokumentasi dalam bentuk softcopy adalah menggunakan standar format Windows Office dan/atau PDF. Dokumen yang diserahkan tersebut harus merupakan versi final dari aplikasi yang telah dikembangkan/dibangun melalui tahapan pengujian dan integrasi sistem aplikasi.

    12.  LAPORAN
    Jenis laporan yang harus diserahkan kepada pengguna jasa adalah:
    a)      Lapiran pendahuluan, berisi:
    a.       Rencana kerja penyedia jasa secara menyeluruh
    b.      Mobilisasi tenaga ahli dan tenaga pendukung lainnya
    c.       Jadual kegiatan penyedia jasa
    b)      Laporan mingguan
    a.       Aktifitas yang dilakukan oleh masing-masing anggota tim pengembangan aplikasi
    b.      Hasil yang telah dicapai maupun kendala yang dialami serta rencana penanganan kendala tersebut
    c.       Prosentase hasil pekerjaan terhadap milestone ataupun hasil akhir yang telah ditetapkan
    c)       Laporan akhir
    a.       Laporan pendahuluan
    b.      Laporan mingguan
    c.       Dokumentasi lain yang berkaitan dengan kegiatan poryek pengaembangan sistem ini


    PT. Yonote


    Daniel Fablius
    I G N Adi Wicaksana

Saturday, April 5, 2014

PJTL Day 2

Cerita Dibalik PJTL

Waktu menunjukan jam 6 pagi. Alarm dari HP-ku berbunyi, aku terjaga dibuatnya. Dengan kondisi mata menyala setengah watt, aku berjalan menuju kamar mandi. Padahal, seharunya aku bisa mandi lebih siang dari ini.
Ya hari Sabtu (5/4) ini adalah hari kedua Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) Fakultas Teknologi Informasi ITS. Meski kantuk masih menhantuiku, hal ini tak menghalangi niatku untuk segera berangkat menuju ke tempat pelatihan. Pelatihan ini berlangsung di Ruang TC-102 Sistem Informasi ITS. Aku tiba disana pukul 7.30. Dan ternyata setelah sampai, aku kira sudah lumayan ramai, namun yang kulihat hanyalah Putra seorang, teman sejurusanku yang juga mengikuti pelatihan. Kurang lebih pukul 7.45 registrasi dibuka dan ruangan dialihkan ke TC-104.
Pelatihan pertama diisi oleh dua pemateri, yakni Mbak Friska dan Mbak Asri. Keduanya adalah mahasiswi Teknik Informatika ITS angkatan 2011. Materi yang dibawakan adalah tentang review materi PJTD yang sebelumnya telah kami dapatkan di jurusan masing-masing. Disini ingatan kami disegarkan kembali dengan materi-materi apa saja yang telah kami peroleh selama PJTD sebelumnya. Pada akhir materi, diberikan dua buah coklat ‘Beng-beng’ kepada dua peserta teraktif. Dan yang mendapatkannya bukannlah saya.
Materi kedua diberikan oleh pemateri dari ITS Online, Mbak Jaharani. Materi yang dibawakan masih seputar menulis berita. Namun genre berita kali ini lebih dalam dari yang sebelumnya. Hal ini bisa kita lihat dari namanya, In Depth News. Istilahnya lebih expert lah. Selain itu ditekankan juga tentang berita investigasi. Dari penjelasannya, menurut saya berita investigasi ini memang cukup sulit untuk dilakukan. Karena kita harus menggali lebih dalam tentang masalah publik yang banyak dipertanyakan. Kesannya mungkin seperti membuat sebuah karya ilmiah karena untuk mendapatkan informasi ini perlu melakukan pencarian data secara detail sehingga tidak adanya deadline seperti berita-berita yang lainnya. Disini kita dituntut untuk lebih kritis dan ulet dalam mencari informasi.
Selanjutnya, kami mendapatkan tamu spesial yang juga merupakan  pemateri kali ini. Tamu spesial itu adalah orang yang sudah kami temui kemarin saat kunjungan media. Mbak Ima, salah satu lulusan FIsika ITS dan bekerja di Radar Surabaya. Ia mempersentasikan tentang marketing dan publishing pada media cetak. Jujur waktu mendapatkan materi ini, kantuk saya menyerang. Jadi materi yang masuk ke telinga agak remang-remang.
Diselah-sela materi, Mbak Bila memberikan kami sebuah game agar tidak terlalu capek mendengarkan materi. Game yang diberikan itu adalah kita disuruh menuliskan sepuluh pengalaman unik yang pernah kita dapatkan. Sebelumnya aku tidak mengerti kenapa disuruh menuliskan sepuluh hal unik ini. Dan ternyata dari semua peserta itu dipilih sepuluh hal unik lagi, dan kemudian kita disuruh mencari siapa saja teman kita yang mungkin salah satunya pernah mengalami hal unik tersebut. Dan ternyata pengalaman unik saya masuk sepuluh nominasi tersebut. Mungkin hal unik itu ga terlalu penting jadi saya tidak share saja di tulisan ini.
Ok, let’s go back to the topic. Tapi sebentar dulu, sebelum menginjak materi selanjutnya, kami diberikan waktu untuk makan dan menginstal aplikasi yang nantinya akan digunakan dimateri selanjutnya. Aplikasinya lumayan gede dan banyak yang belum mempunyai aplikasi ini, jadi lumayan banyak menghabiskan waktu. Materi selanjutnya ini tidak berhubungan sama tulis menulis, namun termasuk kedalam kategori jurnalistik juga.
Materi kali ini adalah masalah tentang desain grafis. Pematerinya adalah Mas Ian, dari Jurusan Desain Interior Desain Produk ITS. Saya lumayan tertarik dengan materi ini, jadi kantuk saya sedikit demi sedikit mereda. Sekilas, Mas Ian menjelaskan tentang dasar-dasar desain. Dan yang menjadi masalah utama menurutnya adalah pemilihan warna. Benar mungkin, karena untuk menjadikan sebuah tulisan menjadi menarik adalah bisa melalui sentuhan desain, dan warna yang digunakan apabila tidak selaras dan harmoni maka tulisan atau poster tersebut menjadi tidak enak untuk dilihat bahkan dibaca. Selain menerima materi, kami juga langsung mempraktekannya di kelas.
Last, adalah materi tentang videografi yang dibawakan oleh Mas Brantas. Materi ini lumayan asik karena kami banyak menonton contoh-contoh ide dan pengambilan video yang menarik. Disini kami disuruh untuk menulis hal menarik apa yang ada di masing-masing video beserta dengan background story-nya.
Dan begitulah cerita tentang PJTL hari kedua. Acara ditutup dengan sedikit evaluasi dari Mbak Bila. Semoga dihari terakhir nanti saya tidak mengantuk lagi dan lebih semangat dalam menerima materi.

 Premiere, pertama dan Utama!